Pada saat membuat Smart Auto Reply, ada langkah bernama “Trigger fires on” di mana Kamu harus memilih pilihan antara “All Incoming Chats” atau “Some Chats“. Pasti Kamu bertanya-tanya kan, apa itu “All Incoming Chat” dan “Some Chat”? Nah, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Penjelasan Trigger “All Incoming Chats”

All Incoming Chats

Sederhananya jika Kamu memilih kondisi trigger “All Incoming Chats“, maka seluruh chat/pesan yang dikirimkan oleh Customer akan memicu aktifnya fitur Smart Auto Reply.

Jadi ketika Customer atau orang lain chat ke nomor yang Kamu hubungkan ke Smart Auto Reply, maka mereka akan mendapat balasan dari fitur Smart Auto Reply yang sudah Kamu aktifkan.

2. Penjelasan Trigger “Some Chats”

Berbeda dengan trigger “All Incoming Chats“, jika Kamu memilih trigger “Some Chats“, maka Kamu bisa mengatur kata atau kalimat apa saja yang bisa memicu fitur Smart Auto Reply.

Jadi pada saat Kamu memilih trigger “Some Chats“, akan muncul pilihan seperti gambar di bawah ini yang bisa Kamu atur untuk memicu Smart Auto Reply.

Some Chat

Pada bagian Select Variable, Kamu bisa memilih antara “Conversation Text” atau “Phone Number“.

Pilih Variable

Jika memilih Convesation Text, itu berarti variable yang dibutuhkan untuk memicu Smart Auto Reply adalah kata/kalimat yang dikirimkan oleh Customer. Sedangkan jika memilih Phone Number, maka variable yang dibutuhkan untuk memicu Smart Auto Reply adalah nomor si pengirim pesan.

Setelah memilih variable, Kamu juga perlu memilih kondisi pada bagian “Select Condition“.

Pilih Kondisi

Penjelasan:

  • Contains: Customer harus mengirimkan pesan/menggunakan nomor yang mengandung kata/nomor yang sudah ditentukan untuk memicu Smart Auto Reply.
  • Not Contains: Customer harus mengirimkan pesan/menggunakan nomor yang tidak mengandung kata/nomor yang sudah ditentukan untuk memicu Smart Auto Reply.
  • Start With: Customer harus mengirimkan pesan/menggunakan nomor yang diawali dengan kata/nomor yang sudah ditentukan untuk memicu Smart Auto Reply.
  • End With: Customer harus mengirimkan pesan/menggunakan nomor yang diakhiri dengan kata/nomor yang sudah ditentukan untuk memicu Smart Auto Reply.

 

Setelah memilih Variable dan Kondisi, sekarang Kamu bisa masukkan Kata/Nomor yang memicu kondisi tersebut.

Isi Kata

Contoh penggunaan:

Bisa dilihat pada gambar berikut:

Contoh Kasus

Pada bagian Select Variable kita pilih dengan “Convesation Text”. Kemudian pada Select Condition kita pilih dengan “Start With”. Kata yang kita gunakan untuk memicu Smart Auto Reply adalah “Halo”.

Itu berarti, untuk memicu Smart Auto Reply, customer harus menggunakan kata “Halo” pada awal kalimat mereka. Sedangkan jika mereka tidak menggunakan kata “Halo” pada awal kalimat, maka fitur Smart Auto Reply tidak akan aktif.

Nah, ada bagian yang perlu Kamu ketahui juga, yaitu bagian “Include people who meet … of the following conditions:“. Pada bagian ini, Kamu bisa memilih antara “ANY” atau “ALL“.

Include people who meet ... of the following conditions

Penjelasannya:

  • ANY: Merupakan kondisi di mana hanya beberapa variable saja yang dibutuhkan untuk memicu Smart Auto Reply.
  • ALL: Merupakan kondisi di mana semua variable harus terpenuhi agar bisa memicu Smart Auto Reply.

 

Contoh Kasus:

Study Kasus

Jika Kamu memilih ANY, maka hanya salah satu di antara dua variable di atas saja yang dibutuhkan untuk memicu Smart Auto Reply. Jadi Customer hanya perlu mengirim pesan yang diawali dengan kata/kalimat “Halo”, atau kata/kalimat yang mengandung “beli”.

Contoh kalimat yang memicu Smart Auto Reply:

  • Halo kak, mau tanya dong
  • Kak, mau beli produknya dong!

 

Sedangkan jika Kamu memilih ALL, maka semua kondisi harus terpenuhi untuk memicu Smart Auto Reply. Jadi customer harus mengirimkan pesan dengan kata yang diawali dengan Halo dan mengandung beli.

Contoh kalimat yang memicu Smart Auto Reply:

  • Halo kak, mau beli produk WatZap dong.

Artikel Lainnya yang Mungkin Membantu: