Salah satu fitur canggih yang ada di WatZap saat ini adalah Interactive Messages. Fitur ini bisa kamu temukan pada saat membuat sebuah broadcast.

Jadi, fitur Interactive Messages ini adalah fitur dimana kamu bisa menambahkan Button atau Navigasi pada pesan broadcast yang kamu buat.

Interactive Messages ini juga sangat berguna untuk memberikan opsi kepada customer/user Kamu untuk menemukan atau memilih apa yang mereka inginkan dari bisnis yang kamu jalani. Bisa dibilang fitur ini mirip seperti fitur Smart Auto Reply, hanya saja kamu menempatkannya pada broadcast yang kamu buat.

Kamu bisa melihat penjelasan lengkap tentang fitur WhatsApp Interactive Messages di sini:


Ada dua tipe Interactive Messages yang bisa kamu gunakan, yaitu Reply Button dan List Button. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua tipe tersebut dan cara penggunaannya.

1. Interactive Messages: Reply Button

Jika kamu memilih Reply Button pada fitur Interactive Messages, maka kamu bisa menambahkan 3 Button pada pesan Broadcast yang nantinya kamu kirimkan kepada Customer. Contoh hasilnya adalah sebagai berikut:

Reply Button

Untuk penggunaan dari Interactive Messages Reply Button juga mudah banget. Pada halaman pengisian konten saat membuat Broadcast, kamu bisa aktifkan Toggle Interactive Messages dengan menggesernya ke kanan.

Aktifkan Interactive Messages

Kemudian pada bagian Select Type, silahkan kamu pilih Reply Button.

Pilih Reply Button

Pada bagian Button Text, kamu bisa isi bebas atau dengan nama Button yang sudah kamu buat di Button & Replies. Jika menggunakan nama Button yang sudah dibuat, pastikan penulisannya sama agar Auto Reply dari Button tersebut aktif.

Isi Button Text

Untuk menambahkan Button baru, kamu bisa klik tombol “Add New Button“.

Tambah Button

Jika sudah semua, kamu bisa langsung klik tombol Next untuk mengirimkan pesan broadcast tersebut.

2. Interactive Messages: List Messages

Berbeda dengann Reply Button, jika kamu memilih List Messages, maka kamu bisa menambahkan menu hingga maksimal 5 opsi pada pesan Broadcast kamu nantinya.

Penggunaan List Messages ini sangat cocok untuk kamu yang menjalani bisnis atau usaha dan memiliki beberapa menu yang kamu tawarkan. Untuk contoh hasilnya adalah sebagai berikut:

List MessagesList Menu

Sama seperti penggunaan Button Reply, cara penggunaan dari Interactive Messages List Messages juga mudah banget. Jadi pada halaman pengisian konten saat membuat Broadcast, kamu bisa aktifkan Toggle Interactive Messages dengan menggesernya ke kanan.

Aktifkan Interactive Messages

Pada bagian Select Type, silahkan kamu pilih List Messages.

Pilih List Message

Kemudian kamu bisa isi judul untuk nama dari List Messages tersebut pada bagian List Title.

Isi List Title

Pada bagian List Message, kamu bisa isi bebas atau dengan nama Button yang sudah kamu buat di Button & Replies. Jika menggunakan nama Button yang sudah dibuat, pastikan penulisannya sama agar Auto Reply dari Button tersebut aktif.

Isi List Message

Untuk menambahkan Message baru, kamu bisa klik tombol “Add New Message“.

Tambah Message Baru

Jika sudah semua, kamu bisa langsung klik tombol Next untuk mengirimkan pesan broadcast tersebut.

Mengapa Kamu Harus Menggunakan Fitur Interactive Messages?

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan fitur Interactive Messages.

1. Hemat Waktu

Dibandingkan dengan membuat daftar atau jawaban secara manual, Interactive Messages menyediakan format yang lebih sederhana dan menghemat waktu bagi customer atau user untuk menemukan atau memilih apa yang mereka inginkan dari bisnis kamu.

2. Meningkatkan Konversi

Penggunaan fitur Interactive Messages ini juga dapat meningkatkan respon dan konversi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang berbasis teks biasa.

3. Bebas Personalisasi

Penggunaan Interactive Messages ini juga bisa kamu personalisasikan untuk customer atau situasi tertentu. Jadi ketika kamu melakukan promosi, kamu bisa membuat isi Interactive Messages yang sudah disesuaikan dengan isi promosi.

Artikel Lain yang Mungkin Membantu: