Link Rotator/Generator adalah fitur yang bisa membagi chat calon customer ke beberapa CS Kamu.
Misalnya link Rotator/Generator yang Kamu buat nanti ditampilkan di bio Instagram, lalu ketika ada calon customer yang klik link tersebut, maka orang tersebut akan diarahkan ke salah satu nomor CS kakak. Misalnya calon customerA ke CS 1, calon customer B ke CS 2, calon customer C ke CS 1, dan seterusnya.
Cara menggunakan fitur Link Generator/Rotator adalah dengan mengunjungi menu Link Generator terlebih dahulu.
Lalu klik tombol “Create New Link“.
Kemudian akan muncul tampilan seperti ini.
Pertama, Kamu bisa isi kolom Title pada bagian Link sesuai dengan nama Link yang Kamu inginkan.
Kemudian untuk kolom Slug, Kamu bisa isi sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika tidak ingin di edit, Kamu bisa diamkan saja.
Untuk kolom Domain, Kamu bisa gunakan Domain yang default seperti ini.
Atau jika Kamu ingin Custom Domain nya, Kamu bisa klik icon panah ke bawah ini.
Lalu pilih Domain yang Kamu inginkan.
Selanjutnya ke bagian Operator.
Kamu bisa pilih Operator/CS yang ingin Kamu pasangkan ke Link. Cara pilihnya adalah dengan klik “Choose Operator“.
Pilih salah satu Operator/CS nya.
Jika ingin menambah Operator/CS lagi, Kamu bisa klik icon “+“.
Lalu masukkan lagi Operator/CS nya.
Di samping kolom Choose Operator, ada kolom Prioritas. Kolom Prioritas ini berfungsi untuk mengatur tingkat prioritas CS. Semakin kecil angka Prioritas nya, maka CS tersebut akan semakin di prioritas kan untuk mendapatkan Chat dari calon Customer. Jika ke dua CS yang sudah didaftarkan itu ingin Kamu sama-sama prioritaskan, Kamu bisa atur tingkat Prioritas-nya dengan angka 1.
Kemudian dibawah Operator, ada bagian Chat Content.
Kamu bisa isi Chat Content-nya sesuai dengan keinginan Kamu.
Selanjutnya dibawah bagian Chat Content, ada informasi seputar variabel. Jadi, dengan memanfaatkan fitur variabel, kalimat pembukaan chat CS Kamu akan menjadi lebih personal.
Nah, di menu Link Generator/Rotator ini juga ada fitur Facebook Pixel. Jika ingin menggunakan fitur ini, Kamu bisa isi kolom datanya.
Lalu di bawahnya Facebook Pixel ada pilihan Loading Page, Rotation Type, dan Status.
Nah, maksud dari Loading Page adalah jika Kamu pilih yang “No“, maka pada saat calon customer klik link Kamu, maka akan loading selama 3 detik terlebih dahulu sebelum masuk ke WhatsApp CS. Namun, apabila Kamu klik “Yes“, maka pada saat calon customer klik link Kamu, maka akan langsung masuk ke WhatsApp CS.
Sementara itu, maksud dari Rotation Type adalah jika Kamu tidak ingin mengaktifkan kolom Prioritas, maka Kamu bisa pilih yang “Random (Acak)”. Sebaliknya, jika Kamu ingin mengaktifkan kolom Prioritas, maka Kamu bisa pilih yang “Sequential (Berurutan)”.
Untuk maksud dari Status adalah jika Kamu mengarahkan toggle ke Published, artinya link Kamu sudah aktif. Sedangkan, jika Kamu mengarahkan toggle ke Draft, maka link Kamu belum aktif dan hanya disimpan.
Jika sudah selesai mengisi semua data, klik tombol “Save“.
Kemudian muncul notifikasi “You’re Done“, itu artinya Kamu sudah berhasil membuat Link Generator/Rotator. Klik tombol “Ok“.
Kemudian link yang sudah berhasil Kamu buat akan muncul seperti ini.
Kamu bisa menggunakan link tersebut untuk dicantumkan diberbagai media sosial.
Artikel lain yang mungkin membantu: