Live Chat (Widget) adalah fitur yang bisa menampilkan Widget berupa layanan Customer Service/Support pada Wesbite.

Ini contoh tampilan Live Chat (Widget) pada Website.

Contoh tampilan Live Chat Widget

Nah, sebelum membuat Live Chat Widget, pastikan Kamu sudah membuat Operator/CS terlebih dahulu. Jika sudah membuatnya, silahkan masuk ke menu Live Chat (Widget).

Klik Menu Live Chat Widget

Kemudian klik tombol “Create New Widget“.

Klik Create New List Live Chat Widget

Lalu muncul tampilan seperti ini.

Tampilan kolom Live Chat Widget

Dibagian Operator, Kamu bisa klik “Choose Operator“.

Klik Choose Operator di Live Chat Widget

Lalu akan muncul tampilan seperti ini dan Kamu bisa pilih Operator/CS yang ingin ditampilkan di Widget pada Website Kamu nanti.

Pilih Operator Live Chat Widget

Jika ingin menambah Operator/CS lagi, Kamu bisa klik icon “+“.

Klik icon tambah Operator di Live Chat Widget

Lalu pilih Operator/CS yang ingin Kamu tambahkan.

Pilih Operator yang ingin di tambahkan Live Chat Widget

Di samping kolom Choose Operator, ada kolom Prioritas. Kolom Prioritas ini berfungsi untuk mengatur tingkat prioritas CS. Semakin kecil angka Prioritas nya, maka CS tersebut akan semakin di prioritas kan untuk mendapatkan Chat dari calon Customer.  Jika ke dua CS yang sudah didaftarkan itu ingin Kamu sama-sama prioritaskan, Kamu bisa atur tingkat Prioritas-nya dengan angka 1.

Prioritas Operator di Live Chat Widget

Setelah itu, di bawah bagian Operator, ada Widget Settings.

Widget Settings di Live Chat Widget

Kamu bisa isi kolom Site URL sesuai dengan situs Website yang ingin Kamu pasangkan Live Chat (Widget).

Site URL Live Chat Widget

Untuk kolom Widget Title, Kamu bisa isi dengan kalimat yang ingin Kamu tampilkan pertama kali di Widget-nya.

Kolom Widget Tittle Live Chat Widget

Untuk kolom Widget Description, Kamu bisa isi dengan kalimat yang ingin Kamu tampilkan setelah pelanggan Kamu klik Widget-nya.

Widget Description

Selanjutnya kolom Widget Mode. Pilihan yang Direct Mode itu berfungsi saat pengguna klik Widget, maka akan langsung diarahkan ke WhatsApp yang didaftarkan. Sedangkan Reply Mode itu berfungsi saat pengguna klik Widget, maka akan muncul tampilan untuk Reply pesan. Ketika pengguna isi reply tersebut, baru deh diarahkan ke WhatsApp yang terhubung.

Mode Widget di Live Chat Widget

Contoh tampilan Direct Mode.

Direct Mode di Live Chat Widget

Contoh tampilan Reply Mode.

Reply Mode Live Chat Widget

Kemudian kolom Auto Open Widget On. Auto Open Widget On adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengatur kapan waktunya Live Chat Widget muncul di website. Di kolom ini terdapat 3 pilihan yang berbeda-beda.  Ada Instant Open, Delay Time, dan Page Scroll.  Berikut fungsi dari 3 pilihan tersebut:

Instant Open: Live Chat Widget langsung muncul ketika website dibuka.
Delay Time: Pengguna bisa mengatur delay atau durasi waktu dari Live Chat Widget muncul di website mereka ketika website dibuka.
Page Scroll: Live Chat Widget akan muncul jika customer melakukan scroll terlebih dahulu di website yang dipasangi Live Chat Widget.

Auto Widget on

Selanjutnya bagian WIDGET APPEARANCE.

Widget Appreance Live Chat Widget

Kolom Widget Style berfungsi untuk menentukan tampilan Widget yang Kamu inginkan.

Widget Style

Kemudian untuk kolom Widget Position berfungsi untuk menentukan posisi Widget-nya berada. Untuk pilihan Left Bottom of Screen artinya Widget akan berada diposisi sebelah kiri pojok pada Website. Sedangkan pilihan yang Right Bottom of Screen artinya Widget akan berapa diposisi sebelah kanan pojok pada Website.

Widget Position

Lalu untuk kolom Widget Color fungsinya adalah untuk menentukan warna Widget. Kamu bisa pilih warna Widget sesuai dengan keinginan Kamu dengan cara klik Select Color.

Widget Color

Berikutnya untuk kolom Text Color fungsinya adalah untuk menentukan warna teks pada Widget. Kamu bisa pilih warna teks sesuai dengan keinginan Kamu dengan cara klik Select Color.

Text Color

Nah, di menu Live Chat Widget ini juga ada fitur Facebook Pixel. Jika ingin menggunakan fitur ini, Kamu bisa isi kolom datanya.

FacebookPixel di Live Chat Widget

Selanjutnya dibagian bawah Facebook Pixel, ada kolom Show Widget. Dikolom ini ada 3 pilihan yakni, All, Desktop Only, dan Mobile Only.

Show Widget

All: Menampilkan Widget baik di mode Dekstop maupun Mobile.

Dekstop Only: Widget akan muncul hanya saat pengguna berada di mode Desktop (Laptop/PC) saja.

Mobile Only: Widget akan muncul hanya saat pengguna berada di mode Mobile/Smartphone saja.

 

Lalu kolom Open in a new tab.

Open Tab

Enable: Setiap orang yang klik Live Chat Widget akan diarahkan ke halaman website baru.

Disable: Setiap orang yang klik Live Chat Widget tidak akan pindah ke halaman website baru.

 

Lalu yang terakhir kolom Status. Jika Kamu menggeser toggle ke arah Published, maka Live Chat Widget artinya sudah siap untuk digunakan. Sedangkan, jika Kamu menggeser toggle ke arah Draft, maka Live Chat Widget hanya disimpan saja dan belum bisa digunakan.

Status di Live Chat Widget

Jika sudah selesai, Kamu bisa klik tombol “Save“.

Klik Save di Live Chat Widget

Akan muncul notifikasi “You’re done!” artinya Live Chat Widget Kamu sudah berhasil dibuat. Klik tombol “Ok“.

Klik ok di Live Chat Widget

Setelah itu akan muncul Preview Live Chat Widget seperti ini.Preview Live Chat Widget

Artikel lain yang mungkin membantu: